Friday, May 19, 2017

Ulasan 2

Video yang dibahas pada ulasan ini adalah video yang berjudul "Interrupts and I/O" yang berasal dari Mike Murphy yang dapat diakses di YouTube. Video ini berdurasi durasi 7 menit 49 detik dan diunggah pada tanggal 16 September 2011 dengan jumlah penonton sebanyak 76,990 orang. Video yang dapat diakses melalui link https://youtu.be/tn45bY-EA8Y ini membahas tentang Interrupt dan Polling pada I/O Devices.

Video ini membahas tentang apa yang dimaksud dengan Interrupt dan Polling pada I/O Devices. Awal mula masalahnya adalah, CPU dan hardware(peripheral) harus bekerja sama dalam menyalurkan data dari satu ke yang lainnya. Misal, ketika saya menekan tombol "esc" pada keyboard, CPU akan menerima sinyal bahwa saya menekan tombol "esc" di keyboard, lalu menjalankan proses selanjutnya, seperti keluar dari suatu laman tertentu. Untuk menjalankan proses tersebut, ada dua cara, yaitu Polling dan Interrupt. Inti dari polling adalah, CPU akan terus bertanya kepada hardware apakah ada data yang harus diproses dari mereka saat ini atau tidak. Hal tersebut tidak efisien karena CPU memerlukan waktu yang banyak untuk kembali lagi bertanya dan kemungkinan besar ada banyak hardware yang tidak mempunyai data untuk diproses. Sehingga muncullah sistem interrupt, yaitu ketika hardware mempunyai sinyal sendiri untuk diberikan kepada CPU jika dirinya mempunyai data untuk disalurkan dan diproses nantinya. Interrupt mempunyai interrupt handler, yang akan menerima sinyal interrupt, dan interrupt handler akan mengetahui sumber interrupt tersebut dari interrupt vector, yaitu suatu tabel yang memiliki offset dan offsetnya ini sesuai dengan alamat dari interrupt handler di memori.

Menurut saya, video ini sudah menjelaskan pengertian dan alur dari  Interrupt dan Polling pada I/O Devices dengan baik. Terdapat analogi yang cukup mudah untuk dimengerti sehingga penonton membayangkan dan menangkap materi secara jelas. Namun pengertian yang diberikan kurang mendalam, hanya sebatas poin-poin saja.

Github Account: novialia
URL Ulasan: https://noviantialiasih.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2.html
URL Video: https://youtu.be/tn45bY-EA8Y (7 menit 49 detik)
Video Author: Mike Murphy
Pemetaan: Week04
Revisi Pertama: 19 Mei 2017
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

0 comments:

Post a Comment